Objek wisata ini terletak di Ciamis, Jawa Barat. Kota Ciamis bisa ditempuh dari Jakarta melalui Bandung dengan kendaraan umum selama sekitar 5 jam. Dan dari Bandung kita biasanya mengamil rute ke arah Garut. Jangan kuatir akan menyasar ke arah yang salah sebab rute itu sangat jelas tertera di papan penunjuk jalan walaupun jaringan jalan menuju ke sana saling bersilang-silangan seperti jaring laba-laba.

Jalanan menuju lokasi tersebut kecil namun bagus seperti jalanan kabupaten. Objek wisata ini merupakan tempat yang wajib kunjung bagi siapa saja baik itu wisatawan mancanegara maupun dalam negeri. Karena tempat ini begitu indahnya dengan kekayaan flora dan faunanya. Di Ciamis ini mempuyai banyak tempat wisata yang beragam, antaralain adalah pantai Pangandaran yang terkenal itu. Lautnya adalah laut selatan yang airnya biru dan berombak sedang dan pantainya bersih berpasir putih.

Sedangkan yang namanya Green Canyon ini dijuluki Cukang Taneuh oleh penduduk setempat. Penduduk asli di sana ramah-ramah dan menyenangkan. Arti dari julukan aseli tersebut berarti jembatan tanah. Letaknya ada di desa Kertayasa, kecamatan Cijulang, Ciamis. Dan ada berjarak sekitar 31 kilometer dari Ciamis sendiri.

Tadinya ini adalah merupakan aliran sungai Cijulang. Dan di sepanjang tepi sungai tersebut terdapat tebing-tebing bebatuan yang curam yang banyak ditumbuhi pohon. Cukang Taneuh ini terbentuk dari tanah yang ditembus oleh sungai Cijullang ini sehingga membentuk goa yang di atasnya banyak trdapat stalagtit yang bergelantungan di langit-langitnya. Ujung-ujung dari stalagtit tersebut banyak meneteskan air bermineral.

Cara menikmati pemandangan tersebut adalah dengan menyewa perahu yang bisa dimuati hingga lima orang. Lamanya perjalanan perahu tersebut selama sekitar 45 menit.

Tempat ini sebetulnya bisa dicapai dengan cepat dengan pesawat terbang berute khusus yang berangkat dari bandara Halim Perdanakesumah dari Jakarta. Atau bisa juga dengan naik kereta api dan turunnya di setasiun Ciamis.

Tags: